Perjalanan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia Mirip Dengan Timnas Argentina di Piala Dunia 2022

Perjalanan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia Mirip Dengan Timnas Argentina di Piala Dunia 2022

CDN, Sumbawa Barat– Ajang Piala Asia U-23 yang berlangsung di Doha Qatar kini menyisakan 4 tim dari 4 Negara Asia, keempat Tim Nasional tersebut adalah Indonesia, Uzbekistan, Jepang dan Irak.

Berbicara sepak terjang Timnas di ajang Piala Asia 2024, Timnas Indonesia U-23 adalah tim debutan dan tidak pernah diduga tembus perempatfinal. Indonesia telah cukup lama tidak masuk dalam ajang kejuaraan bergengsi Benua Asia ini. Timnas Indonesia dibabak fase group bergabung dengan negara-negara kuat Asia, Indonesia berada dalam Group A bersama Qatar status tuan rumah, Australia, dan Yordania. Group A disebut sebagai group neraka karena dihuni oleh tuan rumah serta Australia yang diperhitungkan kekuatannya di Asia.

Dibabak fase group. Timnas Indonesia langsung berhadapan dengan Timnas tuan rumah, Qatar. Laga yang penuh kontroversi ini dimenangkan oleh Qatar dengan kedudukan 2-0. Peristiwa ini sama dengan kiprah Timnas Argentina diajang Piala Dunia 2022, mereka berhadapan dengan Timnas Arab Saudi yang diatas kertas permainannya jauh dibawah mereka, namun kejutan terjadi, Albiceleste julukan Tim Argentina harus menelan pil pahit dengan takluk 1-2 dari Arab Saudi. 

Wasit Menghadiahi 2 Kartu Merah Untuk Pemain Indonesia dan 1 Pinalti Untuk Qatar

Namun dipartai berikutnya, Garuda Muda mampu membangkitkan asa dengan menaklukkan Timnas kuat Australia dengan skor 1-0, lalu membantai Yordania 4-1, sehingga hasil itu menjadikan Timnas Indonesia keluar sebagai ranner up group dan berhadapan dengan Korea Selatan di 8 besar Piala Asia. Sama dengan Timnas Argentina, setelah kalah dari Arab Saudi, mereka dapat bangkit dan mengalahkan Meksiko dan Polandia di fase grup.

Timnas Sepakbola Indonesia U-23 bertemu dengan Australia dibabak fase group dan berhasil menang, sedangkan Argentina, bertemu dengan Timnas Australia di babak 16 besar, mereka juga berhasil menang saat itu dengan kedudukan 2-1.

Dibabak 8 final Piala Asia, Indonesia dijamu oleh tim kuat Korea Selatan, berdasarkan catatan, Timnas Indonesia tidak pernah menang ketika berhadapan dengan Timnas asal Negeri Ginseng tersebut. Adanya, Indonesia selalu menjadi lumbung gol timnas Korea Selatan. Sementara untuk Argentina, dibabak 8 final bertemu dengan Timnas Belanda. Persamaannya, kemenangan timnas Indonesia dan Argentina di babak 8 final ini sama-sama ditentukan lewat adu pinalti. Timnas Argentina berhasil keluar sebagai pemenang setelah unggul 4-3 atas Belanda, sementara Timnas Indonesia unggul atas Korea Selatan dengan kedudukan 12-11. 

Ernando Ari (Kiper Timnas Indonesia) Berhasil Menahan Tendangan Pinalti 2 Pemain Korea, Kang Sang-yoon dan Lee Kang-hee

Kejadian sewaktu Argentina bertemu dengan Belanda sama dengan Indonesia bertemu dengan Korea Selatan, Indonesia sempat unggul 2-1 hingga menit 78′ babak kedua, namun berhasil disamakan oleh Korea Selatan walau mereka depisit satu pemain akibat diganjar kartu merah. Sementara Timnas Argentina Sempat unggul 2-0 hingga menit 82′ atas Belanda, gol diciptakan oleh N. Molina 35′ dan L. Messi 73′ lewat tendangan pinalti. Keajaiban terjadi, Timnas Belanda yang tertinggal 2-0 hingga menit ke 82′ dapat mengejar ketinggalan, gol tercipta dimenit 83′ dan gol penyeimbang diciptakan oleh W, Weghorst 90+11′. 

Shin Tae Yong, Pelatih Timnas Indonesia U-23

Artinya, Argentina dan Indonesia sama-sama melaju ke babak semifinal dengan kemenangan yang ditentukan lewat titik putih adu pinalti. Indonesia tembus ke babak perempat final di ajang Piala Asia U-23 baru kali ini terjadi, ini adalah sejarah. Dibabak Semifinal mereka akan berhadapan dengan Timnas Uzbekistan yang notabenenya pernah juara Piala Asia. Namun tentu harapan tidak pernah pudar, melihat kekompakan, semangat dan taktik jitu pelatih yang dimiliki Indonesia saat ini (Shin Tae Yong), tidak menutup kemungkinan nasip mereka akan sama dengan Timnas Argentina di Piala Dunia 2022 Doha Qatar. Apalagi Perjalanan kedua tim ini hampir sama, dan secara kebetulan, Piala Dunia 2022 dan Piala Asia U-23 berlangsung di negara yang sama yaitu Doha Qatar. 

Timnas Indonesia dan Timnas Argentina sama-sama telah lama puasa gelar. Perbedaannya, Argentina pernah menjadi juara Piala Dunia FIFA 1978 dan 1986 sementara Indonesia baru mencetak sejarah lolos ke babak perempat final Piala Asia.  

Jadwal semifinal Piala Asia U23 Indonesia vs Uzbekistan, laga menentukan Garuda malam ini. Pertandingan antara Timnas U23 vs Uzbekistan akan digelar pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB di Stadion Abdullah bin Khalifa, live RCTI.

Laga ini akan menentukan langkah Timnas Indonesia ke depan. Apabila berhasil menaklukkan Uzbekistan, Indonesia bisa saja memastikan tampil di Olimpiade 2024 Paris.

Editorial Ini Dibuat Oleh : IRAWANSYAH (Pimpinan Redaksi Media Centralditanews.com)