Terwujudnya Generasi Emas di Tanah Pariri Lema Bariri

Terwujudnya Generasi Emas di Tanah Pariri Lema Bariri

CDN, Sumbawa Barat– Rotasi beberapa pejabat struktural di Pemerintahan Kabupaten Sumbawa Barat telah menempatkan berbagai pejabat dengan fungsional masing masing instansi. Salah satunya adalah Ir. Abdul Muis, MM. yang sekarang menjadi Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A).

Saat diwawancarai media ini, pada Jum’at siang (08/10/2021), diruang kerjanya, Ir. Abdul Muis, MM. mengatakan ada beberapa program yang akan dijalankan untuk melindungi dan mengayomi anak anak di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) KSB, Ir. Abdul Muis, MM.

Program yang dimaksud adalah berupa perkembangan baik berupa kesehatan, psikologis maupun akademis. Program ini rencananya akan beliau usulkan pada pembahasan APBD perubahaan besok, semoga langkah tersebut mampu menjadikan generasi penerus bangsa khususnya generasi di “Tanah Pariri Lema Bariri” untuk mendapatkan dan meningkatkan kualitas para penerus bangsa. Program tersebut rencananya akan melibatkan para kader di desa dan kabupaten untuk pengebangan pola asuh anak.

Gambaran program tersebut menurut Pak Muis akrab ia disapa adalah adanya wadah atau sarana untuk anak-anak agar bisa berkreasi dan melatih kemampuan diri dalam berekspresi. Hal tersebut dilakukan seminggu sekali atau dua kali pertemuan untuk mengisi kekosongan waktu pada hari libur. Sasaran dari program tersebut adalah anak-anak yatim piatu dan anak-anak pekerja migran yang di tinggalkan oleh orang tuanya untuk mencari nafkah serta anak anak umum lainnya.

Pentingnya program tersebut lanjut mantan camat maluk tersebut menguraikan peranan kita semua sangat dibutuhkan demi terwujudnya perkembangan pola asuh yang optimal. Kendati hal tersebut masih pada rencana program yang akan dicanangkan, namun ini merupakan langkah yang sangat tepat, mengingat banyaknya anak anak yang ditinggalkan orang tua dalam bekerja ke luar negeri.

“Program tersebut merupakan lanjutan dari kampung sehat yang selama ini dijalankan, dengan adanya program ini dapat dilihat bahwa kampung sehat harus memperhatikan kesehatan dan perkembangan anak, baik sisi kesehatan fisik dan psikologis. Ini adalah ikhtiar sekaligus terobosan baru. Saya berharap warga Sumbawa Barat ikut mendukung program DP2KBP3A ini”, imbuh Ir. Abdul Muis.

Semoga program tersebut dapat di lancarkan dan mampu segera terealisasi. Lanjutnya, Ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk tumbuh kembang para generasi penerus daerah ini ujar mantan camat maluk dan Kepala Bagian Protokol Komunikasi dan Informasi Pimpinan tersebut. Dengan tetap menjaga sinergitas dengan instansi mapun lembaga lainnya, baik itu sifatnya pemerintahan ataupun swasta demi terwujudnya para generasi emas di negeri ini.

Ir. Abdul Muis, MM. mengatakan, mari kita sama-sama membangun dan peduli pada perkembangan daerah ini dengan cara selalu berusaha menanam benih-benih kebajikan, salah satunya adalah membangun karakter dan kecerdasan anak-anak. (cdn.r)